Information related to OttoPoint.
Apa itu OttoPoint?
OttoPoint merupakan program loyalitas pelanggan berbasis koalisi yang dijalankan oleh PT Poin Sukses Makmur. Layanan ini menggandeng beragam brand maupun perusahaan untuk berada di satu ekosistem yang lebih efisien dan menguntungkan. Program ini diaplikasikan dalam bentuk poin dan katalog reward. Melalui layanan ini, pelanggan akan mendapatkan keuntungan berupa waktu pengumpulan poin yang lebih cepat (karena bertransaksi di brand apapun, jenis poinnya sama), sehingga pelanggan dapat menikmati / mendapatkan reward lebih cepat juga.
Apa persyaratan untuk menjadi pengguna OttoPoint?
Memiliki nomor ponsel dan alamat email yang masih aktif dan valid.
Bagaimana cara menjadi pengguna OttoPoint?
Kamu dapat mendaftar dan melakukan aktivasi layanan OttoPoint melalui aplikasi mitra kami atau aplikasi OttoPoint Loyalty yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi yang telah terhubung dan berpartisipasi menjadi mitra kami antara lain OttoPay, BPD Jambi, BPD Bali, Bali United, OTTO & BenerinMotor.
Bagaimana cara untuk melakukan registrasi?
Untuk pengguna baru aplikasi OttoPoint Loyalty, silakan melakukan registrasi di halaman profile, my loyalty. Berikut cara registrasinya:
Bagaimana saya dapat melihat saldo poin pada aplikasi OttoPoint Loyalty?
Kamu bisa melihat saldo poin kamu pada halaman Home.
Bagaimana cara saya mendaftar di aplikasi mitra yang berpartisipasi dengan OttoPoint?
Download dan install aplikasi mitra OttoPoint pada perangkat telepon genggam kamu. Lalu klik aktivasi pada tombol OttoPoint yang terdapat pada halaman utama dan ikuti langkah selanjutnya.
Apakah saya bisa mendaftar sebagai pengguna layanan OttoPoint pada aplikasi mitra yang berbeda?
Tentu saja. Kamu bisa mendaftarkan nomor ponsel kamu pada aplikasi mitra OttoPoint yang berbeda. Perolehan poin dari berbagai aplikasi mitra, dapat dikumpulkan dalam satu akun yang sama. Hal ini berarti akumulasi poin maupun reward bisa dilakukan dalam waktu yang lebih cepat.
Apakah nomor ponsel yang didaftarkan untuk menjadi pengguna layanan OttoPoint pada beberapa aplikasi mitra yang berbeda harus sama?
Ya. Nomor ponsel yang kamu gunakan harus sama, agar poin yang kamu kumpulkan dari berbagai aplikasi mitra OttoPoint bisa terkumpul dalam satu akun yang sama.
Apa saja yang saya dapatkan apabila saya menjadi pengguna OttoPoint?
Dengan menjadi pengguna OttoPoint, kamu akan mendapatkan keuntungan:
Bagaimana cara memperoleh poin?
Kamu bisa memperoleh poin dengan beberapa cara:
Bagaimana cara memperoleh poin pada aplikasi OttoPoint Loyalty?
Berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengkreditkan poin pada dompet saldo poin di akun OttoPoint saya?
Poin akan masuk ke dalam dompet saldo poin di akun OttoPoint, langsung setelah transaksi berhasil dilakukan.
Berapa poin yang akan saya dapatkan?
Besaran poin yang kamu peroleh akan berbeda-beda dari tiap mitra. Hal ini tergantung pada skema perolehan poin, jenis transaksi serta syarat dan ketentuan lain yang ditentukan oleh mitra OttoPoint. Contoh kriteria perolehan poin: transaksi pulsa dan tagihan listrik / air minimum sebesar Rp 10.000, bisa mendapatkan 10 poin.
Berapa nilai konversi poin?
Nilai konversi poin adalah 1 poin = Rp 1.
Apakah saya akan mendapatkan bonus poin ketika sudah berhasil menjadi pengguna OttoPoint?
Tidak semua mitra kami memberikan bonus poin dalam bentuk welcome point. Jika mitra kami menyediakan bonus poin ini, maka jumlahnya dapat berbeda-beda.
Mengapa saya tidak memperoleh poin dari pembelajaan yang saya lakukan di beberapa mitra OttoPoint?
Beberapa mitra OttoPoint memiliki skema perolehan poin yang berbeda dan beberapa di antaranya menetapkan minimum jumlah nilai transaksi untuk perolehan poin.
Apakah poin yang saya peroleh dapat langsung saya gunakan setelah proses aktivasi berhasil?
Ya. Kamu dapat langsung melakukan penukaran poin dengan voucher yang tersedia di katalog reward OttoPoint. Jangan lupa sesuaikan jumlah poin kamu dengan reward yang ingin kamu tukarkan.
Apakah saya akan memperoleh poin untuk pembayaran yang dilakukan dengan menukarkan poin?
Tidak. Pembayaran yang dilakukan dengan menukarkan poin, tidak akan menghasilkan poin.
Apakah orang lain dapat berbelanja dan menggunakan nomor ponsel saya untuk memperoleh poin?
Tidak. Saat ini kamu hanya dapat memperoleh poin dengan melakukan transaksi melalui aplikasi mitra saja.
Apakah poin saya dapat diuangkan?
Tidak. Poin yang kamu dapatkan tidak dapat diuangkan.
Apakah poin saya dapat ditransfer ke pengguna layanan OttoPoint lainnya?
Tidak. Poin yang kamu peroleh dari hasil transaksi apapun tidak dapat ditransfer dalam bentuk poin ke pengguna OttoPoint lainnya.
Apakah poin pada layanan OttoPoint ada masa berlakunya?
Ya. Masa berlaku poin adalah 24 (dua puluh empat) bulan terhitung sejak poin diperoleh pertama kali.
Saya sudah melakukan pembelajaan, tetapi poin masih belum bertambah ke akun OttoPoint saya. Apa yang harus saya lakukan?
Normalnya poin akan diperoleh setelah transaksi berhasil dilakukan. Apabila poin masih belum masuk ke dalam dompet saldo poin di akun OttoPoint-mu selama kurun waktu 1x24 jam, silahkan hubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB).
Jika terdapat kendala pada sistem OttoPoint, apakah saya bisa mengajukan klaim poin manual untuk pembelanjaan saya?
Bisa. Kirimkan bukti transaksi dari aplikasi mitra OttoPoint ke info@ottopoint.id. Kami akan memproses klaimmu dalam waktu 1x24 jam kerja.
Bagaimana cara menukarkan poin saya dengan rewards?
Dari aplikasi mitra OttoPoint, tekan tombol “OttoPoint” yang terdapat pada halaman utama. Setelah masuk ke halaman OttoPoint, ikuti beberapa langkah berikut:
Dari aplikasi OttoPoint Loyalty, tekan “Masuk” pada bagian saldo OttoPoint di halaman utama. Setelah masuk ke halaman OttoPoint, ikuti beberapa langkah berikut:
Apakah ada batas maksimal penukaran poin saya menjadi voucher dalam sehari?
Tidak ada. Selama poin dalam dompet saldo poin di akun OttoPoint-mu masih tersedia dan cukup untuk ditukarkan dengan voucher reward, kamu bisa melakukan penukaran voucher yang diinginkan.
Bagaimana jika voucher yang saya tukarkan gagal, tetapi poin saya sudah terpotong?
Apabila voucher yang kamu tukarkan gagal, poinmu secara otomatis dikembalikan ke dompet saldo poin di akun OttoPoint-mu. Apabila poin masih belum kembali selama waktu 1x24 jam, kamu dapat menghubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB).
Bagaimana cara mengecek jumlah poin saya?
Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:
Poin saya bisa digunakan untuk apa saja?
Poinmu bisa ditukarkan dengan beragam reward seru dalam bentuk voucher digital. Kategori voucher yang bisa kamu dapatkan antara lain saldo uang elektronik, PLN, pulsa, paket data, voucher belanja (minimarket, supermarket, restoran), hingga layanan online seperti Gojek, Tokopedia dan masih banyak lagi.
Bagaimana jika pihak OttoPoint menemukan adanya indikasi kecurangan / pelanggaran dalam penukaran poin?
OttoPoint berhak secara sepihak membatalkan penukaran dan/atau menonaktifkan poin kamu, apabila tidak sesuai dengan syarat & ketentuan berlaku. Hal ini juga berlaku jika ditemukan adanya indikasi kecurangan / pelanggaran yang merugikan pihak OttoPoint.
Saya kehilangan ponsel saya dan tidak ingat akun OttoPoint saya. Apa yang harus saya lakukan?
Kamu bisa menghubungi call center mitra OttoPoint untuk pemulihan akunmu. Jika akun sudah bisa diakses, maka secara otomatis akun OttoPoint-mu juga akan kembali, dengan syarat menggunakan nomor ponsel yang sama ketika masuk ke aplikasi.
Bagaimana cara menggunakan voucher yang sudah saya tukarkan?
Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:
Kapan voucher saya bisa digunakan?
Voucher dapat digunakan sesuai dengan masa berlakunya. Silakan melihat cara penggunaan voucher untuk informasi lebih lanjut.
Apa yang terjadi apabila saya tidak dapat menggunakan voucher yang sudah ditukar?
Jika voucher tidak dapat digunakan, segera hubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB) sebelum masa berlaku voucher kamu habis.
Apakah voucher yang telah saya tukarkan memiliki masa berlaku?
Ya. Voucher yang telah ditukarkan memiliki masa berlaku yang berbeda. Untuk voucher dengan kategori biller (pulsa, listrik, saldo uang elektronik, dll) tidak memiliki masa berlaku karena langsung masuk ke nomor yang diisi. Voucher dengan kategori non-biller memiliki masa berlaku 14 (empat belas) hari.
Dimana saya dapat melihat petunjuk penggunaan voucher?
Kamu bisa melihat petunjuk atau syarat dan ketentuan voucher di halaman voucher yang ingin ditukarkan (sebelum penukaran poin) dan juga di bagian deskripsi voucher (setelah berhasil menukarkan poin).
Dimana saya dapat melihat voucher apa saja yang sudah saya tukarkan?
Semua riwayat voucher yang pernah kamu tukarkan dan sudah dipakai, bisa dilihat pada halaman profile - voucher saya.
Bagaimana cara mengetahui mitra apa saja sudah bekerja sama dengan OttoPoint?
Kamu bisa mengetahui mitra yang sudah bekerja sama dengan OttoPoint melalui situs www.ottopoint.id.
Apa yang dimaksud dengan program cashback poin?
Pelanggan akan mendapatkan bonus poin setelah melakukan penukaran reward yang termasuk dalam program cashback poin di OttoPoint. Bonus poin akan otomatis ditambahkan ke dompet saldo poin setelah penukaran poin berhasil dilakukan.
Apakah poin yang diperoleh hasil program cashback poin memiliki masa aktif?
Iya. Poin yang diperoleh dari program cashback poin memiliki masa aktif selama 1 (satu) bulan, terhitung sejak poin pertama kali diterima.
Bagaimana cara menggunakan fitur cashback poin?
Kenapa kupon cashback tidak muncul ketika saya bertransaksi?
Kupon cashback akan muncul jika voucher reward yang dipilih termasuk dalam program cashback.
Bagaimana jika saya belum menerima cashback poin?
Apabila kamu belum menerima cashback setelah melakukan penukaran poin, silakan untuk memastikan kembali hal-hal berikut ini:
Jika semua langkah dan informasi di atas sudah benar, tetapi cashback masih belum masuk, silakan menghubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB).
Bagaimana jika saya terima cashback poin dengan nominal yang tidak sesuai?
Perlu diketahui cashback poin akan diterima maksimal dalam 1x24 jam, jika kamu menerima cashback poin dengan nominal yang tidak sesuai, mohon untuk memastikan beberapa hal berikut:
Jika kendala masih berkelanjutan dapat menghubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB).
Apa yang dimaksud dengan fitur split bill?
Fitur split bill pada OttoPoint menawarkan kemudahan untuk bisa menukarkan voucher reward yang kamu inginkan, walaupun saldo poin kamu tidak cukup. Dengan memilih fitur split bill, kekurangan jumlah poin saat penukaran voucher bisa dibayarkan dengan menggunakan metode QRIS.
Bagaimana cara menggunakan fitur split bill?
Bagaimana jika transaksi berhasil, tetapi voucher belum saya terima?
Mohon menunggu 1x24 jam. Jika kendala masih terjadi, silakan menghubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB).
Apa itu QRIS?
QRIS merupakan kepanjangan dari Quick Response QR Code Indonesia Standard. Bank Indonesia meluncurkan QRIS pada 17 Agustus 2019 lalu untuk semua penyedia jasa sistem pembayaran (PJSP) berbasis kode QR. Contohnya seperti GoPay, OVO, LinkAja, Dana, dan lain-lain. Dengan mengusung jargon UNGGUL (Universal, Gampang, Untung dan Langsung), QRIS diharapkan bisa mempermudah transaksi non-tunai masyarakat Indonesia.
Mengapa saya tidak bisa menggunakan fitur split bill?
Untuk menggunakan fitur split bill, pastikan kamu memiliki minimal 10 poin di dompet saldo poinmu.
Transaksi dengan fitur split bill gagal, tetapi poin saya sudah terpotong. Apakah saldo poin saya akan dikembalikan?
Jika penukaran poin menggunakan fitur split bill gagal, maka poin yang digunakan dalam transaksi itu akan dikembalikan ke dompet saldo poinmu. Apabila penukaran poin gagal setelah statusnya pending, maka mohon menunggu maksimal 1x24 jam untuk proses pengembalian poin. Jika poin kamu masih belum dikembalikan ke dompet saldo poinmu, silakan menghubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB).
Apa yang dimaksud dengan fitur OttoStamp?
OttoStamp merupakan layanan program loyalitas dengan konsep stempel digital dan merupakan produk baru dari OttoPoint (penyedia solusi program loyalitas, yang dimiliki dan dikelola oleh PT Poin Sukses Makmur). Pengguna akan mendapatkan stamp dari setiap transaksi yang dilakukan di merchant yang bermitra dalam layanan OttoStamp. Stamp yang terkumpul dapat ditukarkan dengan beragam reward menarik yang disediakan oleh merchant. Untuk mendapatkan manfaat dari OttoStamp, pengguna harus menggunakan aplikasi OttoPoint Loyalty yang tersedia di google play store.
Bagaimanakah cara menggunakan layanan OttoStamp?
Bagaimana cara untuk melakukan registrasi?
Bagi yang baru pertama kali menggunakan aplikasi OttoPoint Loyalty, silakan melakukan registrasi di halaman profile, my loyalty atau saat membuat kartu stamp. Berikut ini langkah registrasinya:
Bagaimana cara mengganti PIN?
Bagaimana jika saya lupa PIN?
Bagaimana cara saya merubah informasi profil saya?
Masuk ke halaman profile, tekan tombol pena di sebelah kanan nama kamu, lalu silahkan ubah data profil kamu; menambahkan foto, mengganti layar belakang, mengubah nama dan email kamu.
Apa itu kartu merchant?
Kartu merchant adalah sebuah kartu digital yang diberikan kepada kamu sebagai penanda bahwa kamu telah bergabung dalam program stamp dari merchant. Berikut cara mendapatkan kartu merchant:
Saya pengguna iphone, bagaimana saya dapat menggunakan OttoStamp?
Mohon maaf, saat ini aplikasi OttoPoint Loyalty belum tersedia di app store. Kami menyadari tingginya minat dari para pengguna iphone atas layanan OttoStamp. Tim kami akan segera menghadirkan layanan ini di app store dalam waktu dekat.
Bagaimana cara mengumpulkan stamp?
Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi OttoPoint Loyalty dan melakukan registrasi akun melalui aplikasi. Jika sudah, silakan mengikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan stamp:
Dimana saya bisa melihat saldo stamp saya?
Masuk ke halaman my loyalty, disini kamu bisa menemukan semua perolehan stamp-mu dari setiap merchant OttoStamp.
Bagaimana cara perhitungan stamp yang saya dapatkan?
Perhitungan stamp ditentukan oleh masing-masing merchant selaku pemilik program. Secara umum, perhitungan stamp berdasarkan nilai transaksi minimum yang ditentukan oleh merchant.
Contoh:
Pembelanjaan minimal Rp 10.000 akan mendapatkan 1 stamp. Jika kamu berbelanja sebesar Rp. 50.000, maka kamu akan mendapatkan 5 stamp.
Apakah program stamp memiliki masa berlaku?
Masa berlaku program stamp ditentukan oleh masing-masing merchant. Untuk informasi masa berlaku program, kamu bisa melihat pada halaman detail program di halaman merchant.
Apakah Stamp memiliki masa berlaku?
Tidak ada. Stamp berlaku untuk selamanya.
Dimana saya bisa melihat riwayat transaksi saya?
Pilih halaman my loyalty, tekan tombol ? di halaman atas sebelah kanan untuk melihat riwayat transaksimu.
Bagaimana jika transaksi berhasil, tetapi stamp belum saya terima?
Pastikan program yang kamu ikuti sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Mohon menunggu 1x24 jam. Jika kendala masih terjadi, silakan menghubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB).
Bagaimana jika transaksi berhasil, tetapi stamp yang saya terima tidak sesuai?
Mohon menunggu 1x24 jam. Jika kendala masih terjadi, silakan menghubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB).
Bagaimana cara menukarkan stamp?
Penukaran stamp dapat dilakukan sesuai syarat dan ketentuan dari merchant. Pastikan kamu sudah membaca dan memahami program stamp dari merchant. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menukarkan stamp dengan reward:
Apakah kode reward memiliki masa berlaku?
Iya, kode reward memiliki masa berlaku selama 1x12 jam, terhitung dari saat kamu menukarkan stamp di aplikasi. Masa berlaku kode reward bisa dilihat di halaman my loyalty, lalu pilih “reward”.
Bagaimana jika saya ingin membatalkan reward?
Masuk ke halaman my loyalty, lalu pilih “reward”. Setelah itu, pilih kode reward yang ingin kamu batalkan dan pilih “batal tukar”. Stamp-mu akan dikembalikan ke perolehan stamp seperti sebelumnya.
Bagaimana jika pembatalan reward sudah sukses, tetapi perolehan stamp saya belum berubah?
Silahkan menunggu 1x24 jam. Jika kendala masih terjadi, silakan menghubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB).
Bagaimana jika kode reward tidak bisa ditukarkan?
Pastikan kode reward masih aktif dan belum pernah ditukarkan. Jika kendala masih terjadi, silakan menghubungi Customer Care kami di 0811-9940-884 (Senin s.d Jumat, 09.00-17.00 WIB).